Simulasi Mandiri Siaga Penanggulangan Bencana Desa Terong

Admin Desa 23 April 2018 10:45:04 WIB

TERONGNEWS

Dengan diadakannya Simulasi mandiri secara serentak di tiap desa di Kabupaten Bantul, maka Desa Terong pada hari Ahad kemarin 22 April 2018 mengadakan kegiatan Simulasi Mandiri Penanggulangan Bencana dengan Tema " Sosialisasi Sirine Peringatan Dini dan Gotong Royong". Kegiatan ini diikuti oleh Pamong Desa Terong, Bidan desa, Linmas Desa, FPRB Desa dan juga RTC (Radio Terong Comunity ) . Semua yang hadir dalam kegiatan ini berkumpul di Balai Pedukuhan Lama Pedukuhan Pancuran yang berada di depan Lapangan Dangwesi sekitar pukul 07.30 WIB.

Setelah semua berkumpul maka perjalanan dilanjutkan ke Ringin Wok yang berada di Pedukuhan Pancuran RT 04. Pemilihan Tempat di Ringin Wok ini bukan tanpa alasan sebab Ringin Wok merupakan salah satu tempat di Daerah di Desa Terong ini yang rawan terjadi bencana sebab daerahnya berada di bawah tebing yang rawan terjadi longsor. Di Ringin Wok pedukuhan Pancuran ini hanya ditinggali sekitar 17 KK dimana untuk menuju lokasi harus melalui jalan yang curam dan terjal.

Semua anggota yang hadir dalam acara simulasi ini mulai menyusuir jalan sepanjang Ringin wok sambil melakukan gotong royong kerja bakti membersihkan jalan yang banyak terdapat rumput liar dengan membawa peralatan dari rumah berupa sabit, cangkul, angkong dan juga peralatan lainnya.

Sekitar pukul 10.00 WiB para peserta simulasi yang sudah melakukan kerja bakti dan gotong royong di sepanjang Ringin Wok berkumpul di Rumah Bapak Suharyanto yang kemudian disusul oleh Bapak camat Dlingo, Ibu Kapolsek Dlingo serta Danramil Kecamatan Dlingo.

Dalam simulasi ini warga sekitar diberikan sosialisasi sirine yang sudah dipasang diatas tebing jurang yang sewaktu-waktu jika terjadi pergerakan tanah/ longsor dari atas maka sirine tersebut akan berbunyi dan warga di sekitar RT 04 harus segera pergi ke tempat evakuasi.

Camat Dlingo dalam sambutannya juga menegaskan bahwa sebenarnya resiko bencana bukan hanya ada di daerah rawan bencana saja namun semua tempat sebenarnya ada resiko bencana, jadi siapapapun dan dimanapun semua orang harus waspada dan siaga terhadap segala kemungkinan dan diharuskan selalu berhati-hati. Acara simulasi mandiri ini selesai sekitar pukul 12.00 WIB.

Komentar atas Simulasi Mandiri Siaga Penanggulangan Bencana Desa Terong

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Aplikasi Cetak KTP-EL Tanpa Antrean

Chat Online

Chat - Customer Module

Kalender

Pengumuman

Diberitahukan kepada seluruh Warga Desa Terong agar segera melunasi Piutang PBB (Pajak Bumi dan Bangunan ) 2019 Sebelum tanggal jatuh tempo 31 Juli 2019. terimakasih

Mbangun Desa

AUDIO

Lokasi TERONG

tampilkan dalam peta lebih besar