Rapat Koordinasi Penjelasan kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2018

Admin Desa 29 Maret 2018 14:34:12 WIB

TERONGNEWS

Setelah Gempa Jogja tahun 2006 silam yang membuat warga Jogja khususnya Kabupaten Bantul yang banyak mengalami dampak gempa bumi tersebut mendorong warga Bantul khususnya untuk lebih berhati-hati dan selalu waspada terhadap bencana alam. Bencana alam yang disebabkan oleh faktor alam tersebut memang tidak bisa diprediksi oleh karena itu maka pada hari ini Kamis 29 Maret 2018 bertempat di Desa Sumberagung, BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana Daerah ) Kabupaten Bantul mengadakan rapat koordinasi untuk membahas terkait Hari Kesiapsiagaan Bencana sekitar pukul 10.00 WIB.

Dengan dihadiri oleh Lurah desa, ketua FPRB Desa serta komunitas relawan mengikuti rapat koordinasi ini guna membahas persiapan untuk Simulasi tanggap darurat HKG dengan pembicara Bapak Nanang Mujiyanto dari BPBD Kabupetan Bantul menjelaskan bahwa seluruh desa nantinya akan serempak mengadakan simulasi pada hari Sabtu 21 April 2018 dengan didampingi dari BPBD kabupaten Bantul. Bencana alam bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah melainkan sekarang ini sudah menjadi urusan bersama sehingga semua orang perlu terlibat untuk mengurangi terjadinya resiko bencana.

Untuk persiapan simulasi maka tiap desa harus menentukan ide / konsep dari simulasi yang akan dilakukan, sebab tiap daerah / desa pastinya mempunyai resiko bencana yang berbeda pula tergantung dari letak dan kondisi di wilayahnya. Setelah menentukan ide dari simulasi yang akan dilakukan maka tiap desa yang sudah berdiskusi dengan FPRB Desa mengajukan form pendaftaran yang nantinya akan ditindaklanjuti dari BPBD Bantul dan akan didampingi dalam pelaksanaanya. Sedangkan untuk puncak HKB sendiri akan dilaksanakan di Kecamatan Srandakan yang mana akan dilakukan TES Tsunami dengan kegiatan "Tsunami Run" sepanjang 2km yang kurang lebih akan diikuti oleh 2.000 peserta selama 20 menit.

Komentar atas Rapat Koordinasi Penjelasan kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Tahun 2018

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Aplikasi Cetak KTP-EL Tanpa Antrean

Chat Online

Chat - Customer Module

Kalender

Pengumuman

Diberitahukan kepada seluruh Warga Desa Terong agar segera melunasi Piutang PBB (Pajak Bumi dan Bangunan ) 2019 Sebelum tanggal jatuh tempo 31 Juli 2019. terimakasih

Mbangun Desa

AUDIO

Lokasi TERONG

tampilkan dalam peta lebih besar