Bimtek Manajemen Perlombaan Desa Tahun 2018

Admin Desa 22 Februari 2018 09:36:20 WIB

TERONGNEWS

Terkait dengan lomba desa yang merupakan agenda rutin tahunan Pemerintah Kabupaten Bantul, maka dari kecamatan dan desa yang dipilih salah satunya Desa Terong pada Hari Rabu, 21 Februari 2018 mengikuti Bimbingan Teknis Perlombaan Desa kabupaten Bantul Tahun 2018 yang bertempat di  Aula Lantai II DPPKBPMD Kabupaten Bantul sekitar pukul 09.00 WIB. DAlam perlombaan desa tahun 2018 sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, jika tahun sebelumnya paparan materi disampaikan di awal untuk tahun ini tahapan pertama justru pengumpulan berkas administrasi yang kemudian dilanjutkan dengan penggalian dan pencermatan berkas dokumen dan administrasi. Adapun paparan yang akan dinilai harus menunjukkan inovasi dan produk-produk unggulan desa. Dari 17 desa di Kabupaten Bantul ini nantinya masih akan diseleksi menjadi 9 desa yang akhirnya akan diambil 6 desa yang benar-benar mumpuni dan berkualitas.

Dalam Bimtek kali ini narasumber oleh Lurah Panggungharjo, Wahyudi Anggoro Hadi sebab Desa panggungharjo pada tahun 2014 bisa menjuarai Lomba Desa tingkat nasional. Beliau menyampaikan terkait tips dan trik dalam mempersiapkan perlombaan desa tahun 2018 ini dan yang terpenting dalam pemaparan harus meliputi transparansi publik, pelayanan publik serta pemberdayaan masyarakat.

Untuk narasumber yang selanjutnya disampaikan oleh Bapak Soleh Anwari dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat DIY terkait evaluasi perkembangan desa dan perlombaan desa yang sebelumnya paradigma dari "Membangun Desa" menjadi "Desa membangun". Selain itu kita juga harus mengetahui status desa masing-masing agar bisa menetukan arah dan tujuan dari suatu desa. Lomba desa ini juga merupakan penghargaan untuk desa yang sudah berusaha memajukan desa.

Bimtek kali ini ditutup oleh Bapak Mujahid yang juga menyampaikan terkait persiapan lomba desa ini. Acara bimtek selesai sekitar pukul 14.00 WIB.

 

 

Komentar atas Bimtek Manajemen Perlombaan Desa Tahun 2018

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Aplikasi Cetak KTP-EL Tanpa Antrean

Chat Online

Chat - Customer Module

Kalender

Pengumuman

Diberitahukan kepada seluruh Warga Desa Terong agar segera melunasi Piutang PBB (Pajak Bumi dan Bangunan ) 2019 Sebelum tanggal jatuh tempo 31 Juli 2019. terimakasih

Mbangun Desa

AUDIO

Lokasi TERONG

tampilkan dalam peta lebih besar