Profil Potensi Desa

30 April 2014 17:23:24 WIB

Potensi Sumber Daya Alam Desa Argodadi

Sumber daya alam yang ada dan cukup menonjol di kawasan Desa Argodadi adalah lahan Sultan Ground (SG) seluas 4,69 Ha yang diperuntukkan sebagai hutan dengan tanaman keras (Jati, Mahoni, dan Akasia). Sehingga total wilayah yang akan diberdayakan sebagai areal agrowisata adalah seluas 23,4 Ha, disamping sumber daya alam yang berupa pasir seluas 13,25 Ha di kawasan Barat dan Selatan Desa Argodadi tepatnya di wilayah Cawan, Ngepek, Demangan, Bakal, Sungapan Dukuh, dan Sungapan. Selain itu, tambang batu putih seluas 2,85 Ha yang kesemuanya berada di kawasan timur Desa Argodadi, tepatnya di wilayah Dumpuh, Kadibeso, dan Brongkol. Sumber Daya Alam yang terdapat di Desa Argodadi oleh sebagian masyarakat dijadikan sebagai tumpuan untuk menghidupi keluarga dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Pemanfaatan lahan tegalan atau pekarangan dengan ditanamai tanaman keras yang jangka panjangnya mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, misalnya tanaman kayu jati, mahoni, dan akasia yang dari ketiga jenis kayu tersebut bisa diolah menjadi mebeler termasuk bahan utama untuk pengaris dan ukir. Selain itu, sentra wilayah pengembangan tanaman buah – buahan (Durian dan Sawo) terdapat di Dukuh Sungapan, Sungapan Dukuh, Demangan, Bakal, Bakal Dukuh.

Sebagian besar warga Desa Argodadi mempunyai lahan yang diperuntukan untuk peternakan. Peternakan untuk Desa Argodadi pada umumnya merupakan milik swadaya dan ada juga bantuan dari pemerintah pada tahun 2015 dengan dana bergulir berupa sapi dan kambing yang masih eksis berjalan. Namun karena minimnya pengetahuan cara/ system  beternak baik kambing maupun sapi sehingga banyak kendala yang dihadapi seperti ada kambing dan sapi yang sakit lalu mati. 

Lahan yang terdapat di Desa Argodadi sebagian merupakan lahan marjinal yang kurang subur terutama lahan yang berada di daerah perbukitan. Lahan marjinal terdapat pada Pedukuhan Sukoharjo, Dingkikan, Sungapan Dukuh, Brongkol, Selogedong, dan Kadibeso. Areal lahan pertanian Desa Argodadi merupakan jenis tanah vertisol, latosol yang merupakan lahan yang subur. Akan tetapi Desa Argodadi mempunyai Sumber Daya Alam yang melimpah yaitu berupa galian C (pasir, batu kali, koral, dan batu putih).

 

Potensi Sumber Daya Manusia Desa Argodadi

Penduduk Desa Argodadi sebagian besar merupakan berpendidikan. Meskipun jumlah persen yang jenjang pendidikannya mencapai Perguruan Tinggi hanya sekitar 250 orang (4,3 %). Akan tetapi bagi sebuah Desa yang termasuk Desa tertinggal dan terletak jauh dari Pusat Pemerintahan merupakan hal yang menggembirakan. Terlebih bagi lulusan SMU (2.100 0rang), SMP (300 orang) dan SD (3.200 orang) yang semuanya lebih dari 50 % merupakan modal bagi pembangunan Desa Argodadi.   

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

APBDes Argodadi Tahun 2020

Lagu Desa Argodadi

music mars karang taruna

music mars pkk

musik indonesia raya

musik desaku yang ku cinta

Lokasi Argodadi

tampilkan dalam peta lebih besar