Wabah Antrax Gunungkidul, Peternak Desa Terong Harap Waspada

21 Januari 2020 15:35:33 WIB

TERONGNEWS.

Baru-baru ini telah terjadi penyebaran wabah antraks di Kabupaten Gunungkidul yang sudah sangat parah menyerang ternak warga, terutama sapi sehingga telah dinyatakan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Antraks sendiri merupakan bakteri yang menyerang binatang ternak namun juga dapat menyerang manusia apabila daging binatang tersebut dikonsumsi. Hingga saat ini, belum jelas diketahui awal mula datangnya bakteri antraks ini ke Gunungkidul. Menurut Kepala Balai Besar Veteriner Wates, Bagoes Poermadjaja, untuk wilayah Gunungkidul sendiri selama ini termasuk dalam daerah yang bebas dari antraks, jadi kemungkinan besar berasal dari luar daerah, mengingat Gunungkidul dikelilingi oleh wilayah endemis antraks seperti Kulon progo, Pacitan, wonogiri dan Sragen.

hingga saat ini sudah terdapat banyak sekali sapi yang mati mendadak dan positif terdapat bakteri antraks dalam tubuhnya. Beberapa warga pun juga sudah positif terinfeksi bakteri tersebut. Disinyalir, penularan bakteri antraks ke tubuh warga disebabkan oleh warga yang mengkonsumsi daging sapi yang mati mendadak akibat bakteri antraks tersebut, kemudian disembelih dan daging dibagikan kepada warga. Pihak Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul juga sudah melarang seluruh angkutan hewan ternak untuk melintasi ring roan utara Gunungkidul guna mengantisipasi penularan yang lebih lanjut.

untuk warga Desa Terong sendiri, yang mayoritas juga memiliki binatang ternak, Pemerintah menghimbau agar selalu memperhatikan kesehatan hewan ternak masing-masing, baik dari segi kesehatan tubuh hewan, maupun dari segi kebersihan lingkungan kandang.  Selain itu, yang tak kalah penting adalah pemberian vaksin antraks pada hewan ternak. Para warga dihimbau untuk melakukan konsultasi pada dokter hewan setempat.Hal tersebut dipercaya dapat meminimalisir resiko penularan bakteri antraks.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Aplikasi Cetak KTP-EL Tanpa Antrean

Chat Online

Chat - Customer Module

Kalender

Pengumuman

Diberitahukan kepada seluruh Warga Desa Terong agar segera melunasi Piutang PBB (Pajak Bumi dan Bangunan ) 2019 Sebelum tanggal jatuh tempo 31 Juli 2019. terimakasih

Mbangun Desa

AUDIO

Lokasi TERONG

tampilkan dalam peta lebih besar